Tips Lapor SPT Tahunan  Dengan Klikpajak

Melakukan pelaporan SPT tahunan saat ini sangat mudah, karena bisa secara online dengan memanfaatkan koneksi jaringan internet yang stabil. Jadi kini lapor SPT tahunan tidak perlu lagi datang ke kantor pajak terdekat, anda bisa mengisi surat pemberitahuan pajak tahunan atau SPT pajak lewat smartphone ataupun komputer.

Untuk mengetahui bagaimana cara pelaporan SPT, sebelumnya tentu saja sangat baik jika anda mengetahui apa itu SPT.

Apa Itu SPT

SPT merupakan Surat Pemberitahuan  Tahunan Pajak Penghasilan yang wajib dilaporkan. Dalam hal ini pelaporan meliputi penghitungan pajak, penghasilan, objek pajak dan juga kewajiban pajak yang disebut dalam peraturan perundang-undangan perpajakan.

Pribadi yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak dengan NPWP maka punya kewajiban untuk menyampaikan SPT setiap tahunnya. Pada SPT, tertera informasi jumlah pajak yang terutang dan juga pelunasan pajak yang sudah dilakukan pada periode tertentu.

Semua hal yang termasuk dalam SPT harus ditulis dengan benar, jelas dan juga lengkap. Sebagai wajib pajak juga harus bertanggung jawab penuh pada informasi yang tertera di dalam SPT. Jika informasi dalam SPT tidak benar, maka DJP online atau Ditjen Jenderal Pajak akan meminta keterangan dan pertanggungjawaban dari anda sebagai wajib pajak.

Setiap pelaporan SPT tentu memiliki batas jatuh tempo masing-masing. Namun untuk SPT Masa batas pelaporannya adalah paling lama 20 hari setelah akhir Masa Pajak. Sementara pada SPT Tahunan, Wajib Pajak Pribadi maka jatuh temponya paling lama 3 bulan setelah akhir Tahun Pajak. SPT Tahunan Wajib Pajak Badan adalah 4 bulan setelah akhir Tahun Badan.

Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online

Untuk lapor SPT Tahunan secara online, maka anda bisa melakukannya lewat website DJP pajak ataupun aplikasi yang bermitra resmi dengan DJP. Salah satunya Anda bisa menggunakan layanan aplikasi perpajakan Klikpajak.

  • Cara lapor pajak online, Pertama-tama Anda harus memiliki akun Klikpajak. Jika tidak memiliki akun tersebut, maka wajib membuat terlebih dahulu pada klikpajak.id.
  • Setelah itu Anda akan masuk ke dashboard halaman utama dan pastikan anda sudah mendaftar e-filing sebelumnya. Jika belum mendaftar e-Filling, biasanya akan muncul pilihan daftar e-filing dan anda tinggal ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  • Setelah sudah daftar e-filing maka anda bisa klik “Prepare Tax”. Kemudian pilih SPT yang akan ada laporkan apakah SPT normal atau SPT pembetulan.
  • Kemudian anda disuruh memilih jenis pajak yang perlu dilaporkan dan pilih juga masa pajak setelah ikuti instruksi berikutnya.
  • Jika Anda belum pernah melaporkan SPT tahunan, maka akan muncul satu pertanyaan pada halaman berikutnya. Anda bisa tandai pada pilihan pertama yang menyatakan bahwa memang akan melakukan perhitungan dan pembayaran pajak terlebih dahulu.
  • Langsung melakukan pelaporan SPT maka tandai pilihan kedua yang menyatakan bahwa anda akan langsung melakukan pelaporan.
  • Ikuti semua langkah sampai pengolahan file CSV dan PDF sesuaikan apakah memang tersebut milik anda.
  • Kemudian akan muncul notifikasi lewat email bahwa pelaporan SPT anda sudah selesai dilakukan dan anda akan menerima bukti lapor pada email.
  • Anda juga sudah bisa memeriksa status pajak yang dilaporkan pada menu ‘Status Pajak’.
  • Perlu diketahui untuk data perpajakan Anda bisa digunakan kapanpun dengan melihat data arsip, penyimpanan bukti lapor pajak Anda pada aplikasi ini.

Dari beberapa penjelasan di atas tentang Lapor SPT Tahunan, anda bisa tahu bahwa cara pelaporan SPT sangat mudah bahkan dalam hitungan menit saja Anda sudah bisa melaksanakan pelaporan SPT tahunan tanpa perlu datang ke kantor dan membawa berkas-berkas yang cukup merepotkan. Apalagi jika sampai ada satu berkas yang ketinggalan maka pelaporan harus ditunda. Klikpajak by Mekari memang sangat memudahkan anda untuk pelaporan pajak dan berbagai aktivitas perpajakan lainnya.

Aplikasi perpajakan ini juga gratis dan terdapat fitur pengarsipan yang mudah diakses bahkan untuk pelaporan pajak lama. Untuk aplikasi perpajakan ini selain yang gratis, Anda juga bisa berlangganan. Pada aplikasi berlangganan maka anda bisa mendapatkan berbagai fitur-fitur tambahan yang memudahkan untuk pelaporan pajak. Anda bisa kunjungi klikpajak.id untuk informasi selanjutnya mengenai berlangganan aplikasi Klikpajak.